Senin, 28 Januari 2013

Tips Menulis Cerpen untuk pemula

Oke, Setelah sekian lama berkecimpung di dunia tulis menulis, khususnya cerpen. Kali ini penulis pengen sedikit berbagi pengalaman. Tentu saja pengalaman menulis cerpen yak, gak mungkin juga penulis bagi - bagi pengalaman memasak, Gak pinter soalnya #buka aib.
Nah yang pertama dan paling utama dalam menulis itu adalah kemauan, Yups. Kalau mau nulis cerpen harus mau memulai nulis. Terserah mau itu berbentuk coretan singkat yang nggak jelas atau apapun itu.
Yang kedua harus sering di latih. Seperti yang penulis tadi katakan , menulis pertama bisa berbentuk coretan singkat bukan?.
Lah tentu susah donk kalau mau bikin coretan kalau nggak pernah?.
Makanya itu penulis bilang harus ada kemauan. Berdasarkan pengalaman, kalau punya kemauan untuk menulis otomatis ide sering bermunculan. Dan tercipta lah cerpen. Walau kadang justru malah jadi sebuah Cerita Nggak nyambung.
Sebaliknya, walau kita punya berjuta ide, tapi nggak punya kemauan untuk menulis maka sampai kapan pun penulis pastikan nggak akan ada satupun cerpen yang bisa tercipta. Bener gak?. La wong nulis juga nggak gimana bisa muncul cerpennya. Sistem copas?. #Nuzubilah, jangan sampe di tiru.
Baiklah, selanjutnya kalau sudah punya kemauan untuk nulis dan juga mau berlatih, langkah selanjutnya baru memikirkan ide.
Ide cerpen seperti apa yang kita ingin kan, apakah bertema cerpen remaja, kisah cinta ataupun cerita SMA. Semuanya terserah sama diri masing masing pribadi. Sama sekali nggak ada paksaaan.
Jika ide sudah kita miliki, selanjutnya adalah sudah pasti menuangkannya kedalam bentuk tulisan donk.
Oke, selamat menulis....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar