Sabtu, 27 April 2013

Cara Menulis Cerpen berdasarkan pengalaman pribadi

Menulis cerpen itu gampang gampang susah sebenernya. Di bilang gampang, enggak juga si. Tapi tetep saja menurut admin yang noteben nya seroang pernulis kumpulan cerpen, itu bukan lah hal yang sulit.


Dari sebanyak banyak cara dalam menulis, menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi adalah yang paling mudah. Karena kita sendiri sebagai pelaku mengalami sendiri kejadiannya. Contohnya rasa Galau pas di tolak orang yang kita suka, atau rasa sedih saat orang yang kita suka itu ternyata suka sama orang lain.


Secara teknis, Cara menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi itu kita mulai dengan :
  • Kejadian paling berkesan.
    Sebelum menulis, pikirkan kejadian apa dalam hidup kalian yang paling berkesan. Seperti yang admin katakan sebelumnya. Entah itu rasa galau, sedih , gembira, lucu atau bahkan kejadian yang memalukan sekalipun.
  • Tentu kan cara penulisannya.
    Nah, kalau menurut admin sendiri si ini yang harus di utamakan. Apakan pengalaman itu kita buat menjadi versi menceritakan atau justru di kisahkan. Bingung ya?. He he he. Dari pada sibuk jelasin baca aja langsung yuk cerpen berdasarkan kisah pengalaman pribadi admin yang bisa langsung di simak di cerpen serial mis tulalit.
  • Pengembangan.
    Berhubung ide dasar sudah kita punya, so tinggal di kembangin lagi donk. Sekalian pas nulis, kita gunakan imagi terjun bebask kita. Berikan sedikit bumbu bumbu cerita sehingga ceritanya tidak terlalu terkesan seperti pengalaman yang kebanyakan justru menceritakan.
  • Tentukan endingnya.
    Apakah endingnya mau di bikin sama persis seperti pengalaman pribadi kita, atau justru kita buat menjadi seperti harapan dari pengalaman itu sendiri. Misalanya, Penalaman kita naksir cowok/cewek. Terus kita tembak, eh kita malah di tolak. Tapi di saat penulisan kita berharap kalau kita itu di terima. Endingnya cerpen nya ototmatis beda kan. Bisa Sad or Happy end.

Oke, kayanya cukup segini dulu deh tips Cara Menulis Cerpen berdasarkan pengalaman pribadi menurut admin. Kapan kapan admin share lagi deh, mengenai tip tips, tentu saja hanya seputar tentang tips tips menulis cerpen. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar