Minggu, 08 Juni 2014

Pengambilan sudut pandang dalam menulis

Lama nggak update kali ini update lagi akh, sekedar untuk membagi bagi kan tips menulis ala Ana merya. He he he. Nah, yang harus di garis bawahi adalah, yang di share disini hanyalah apa yang di ambil dari pengalaman menulis ataupun hanya dari pengamatan sekitar, jadi sekiranya ada yang salah monggo silahkan di benerin. Itung itung kita belajar bareng.

Pengambilan sudut pandang dalam menulis

Dan mengenai soal pengambilan sudut pandang, itu di bagi dalam beberapa bagian diantaranya.

  1. Sudut pandang orang pertama
    Nah, dalam sudut pandang orang pertama ini, ternyata juga masih di bagi lagi lho yaitu menjadi.
    • Sudut pandang orang pertama yang hanya terfokus pada satu karakter
      Jadi disini semua cerita hanya di ambil satu karakter tokoh utamanya saja. Biasanya sih kebanyakan cerita yang kayak gini menggunakan kata 'aku' dalam penulisannya.
    • Sudut pandang dengan munggunakan PoV
      PoV atau yang di kenal dengan Point of View. Untuk yang sering membaca FF atau fanfiction pasti sudah apal banget dengan sudut pandang berikut. Secara hampir secara menyeluruh admin sering nemu hal yang seperti itu. Kelebihan dari menulis dengan menggunakan sudut pandang PoV adalah pembaca jadi lebih paham dengan situasinya, tapi kekurangannya ada juga. Misalnya terjadi pengulangan adegan.
  2. Sudut pandang orang kedua
    Pemakaian sudut pandang orang kedua ini bisanya sering di temukan pada penulis cerpen, yang kebanyakan sih di share di facebook. Jika sudut pandang orang pertama biasanya menggunakan 'aku' atau 'PoV' maka sudut pandang orang kedua biasanya menggunakan 'kamu' atau 'nama anda'. Sudut pandang ini juga paling jarang di temukan karena pada dasarnya pembaca sendiri jadi tidak nyaman saat membacanya
  3. Sudut pandang orang ketiga
    Admin pribadi, paling sering bahkan hampir secara keseluruhan menggunakan sistem ini dalam menulis. Dimana suatu cerita di ambil dari sudut pandang orang luar yang tau segalanya. Jadi terkesan bebas dalam mengambarkan suatu kejadian yang terjadi. Kalau pengen liat hasilnya kunjungi aja langsung blog kumpulan cerpen miliki admin.

Nah, okelah man teman semua. Kayaknya cukup segitu aja nih cara menulisala admin dalam belajar menulis selama ini. Ingat, tips manapun yang akan kalian pakai itu terseranh kalian sendiri dalam membuatnya. Sekedar saran sih, mendingan mulai nulis dulu. Kalau mereka bisa, kenapa kita nggak? Jangan takut nulisnya itu benar atau salah, yang penting di mulai dulu. Oke....

Selamat berkarya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar