Selasa, 26 November 2013

Belajar Menulis Online

Pengen pinter nulis, tapi nggak tau mau mulai belajar dari mana? Atau bingung milih tempat yang tepat buat belajar? Yah saran gue sih mending belajar menulis online aja.

Eit, tapi tunggu dulu dink. Belajar menulis online yang gue maksut itu bukan cuma tentang 'sekolah' lho. Yang harus ngeluarin duit buat ngedapetin ilmunya.


Belajar Menulis Online

Belajar Menulis Online versi gue adalah dengan memanfaatkan google atau mesin pencari lainnya. Secara buat yang demen internetan siapa sih yang nggak kenal google ? Mesin pencari yang cukup di ketikan satu kata maka akan muncul ribuan bahkan jutaan pilihannya.

Tips dari gue sih buat para pemula, mending awal nulis itu di pelajari dengan mengenal EYD dulu. Soalnya, pengalaman gue dulu yang mending nulis dulu baru ngenal EYD ternyata hasilnya nggak terlalu memuaskan. Baru ngeh kalau tulisan gue yang dulu ancur - ancuran. Untuk contohnya bisa langsung kunjungi Blog kumpulan cerpen gue.

Back to topik pengenalan EYD, untuk referensi kita punya wikipedia. Dan biasanya disana ilmunya tepat, lengkap sekaligus ada contohnya. Dan jika ada kekuarangan, tinggal ditambahin di situs situs lainnya. Nah, gampang bukan?

Selain EYD yang harus di perhatikan, kita juga butuh ide bukan. Dan asal tau aja, di dunia online terdapat begitu banyak sumber ide. Yah, gue akan tetap nyodorin google kok sebagai saranan untuk menemukannya. Cukup ketikan kata yang akan kalian cari, dan dapatkan jawabannya.

Masalah merangkai kata, pelajaran yang bisa di berikan adalah dengan perbanyak membaca. Sebaiknya sih jangan cuma membaca, tapi coba lah untuk memperhatikan cara penulisan mereka. Terutama para penulis - penulis senior misalnya.

Tuh kan, ternyata gampang untuk belajar menulis online. Layaknya kata pepatah, dimana ada kemauan di situ ada jalan.

Selamat berkarya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar